KETIK YANG ANDA CARI

Custom Search

Thursday, June 07, 2007

J.E. Sahetapy, Penjaga Nurani Hukum & Politik

SELAMAT ULANG TAHUN KE-75 Prof., Dr.,Jacob Elfinus Sahetapy, SH, MA.


Bagi seorang sejarawan atau ahli sejarah berlaku ketentuan bahwa jawaban tentang masa lalu tergantung pada pertanyaan masa kini. Suatu komunikasi yang sering tidak harmonis karena suara dari dua era yang berbeda bersaing untuk mendapat perhatian kita.

Tulisan-tulisan saudara Sahetapy mencerminkan hal ini. Tulisan-tulisan itu, dalam masa sekarang suatu era yang mencanangkan reformasi hukum, sebenarnya mencerminkan kegelisahan seorang yang dibesarkan dalam era limapuluhan dan awal enampuluhan, di mana gagasan (ideas) tentang hukum dan lembaga hukum masih murni “ mencari keadilan”.

Sejak tahun tujuhpuluhan, sudah tampak kegelisahan ini. Sebagai dosen di fakultas hukum hati nurani beliau berbicara tentang ketidakadilan yang terlihat dalam berbagai peristiwa yang mempunyai implikasi hukum. Hal ini diutarakannya dalam berbagai karyanya untuk seminar-seminar di bidang hukum pidana, kriminologi dan viktimologi.

Dalam Era Reformasi beliau diajak berpartisipasi untuk mengubah ketidakadilan yang pernah terjadi pada masa lalu, melalui kedudukan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan sebagai Ketua Komisi Hukum Nasional Republik Indonesia.

Tulisan–tulisan yang terkumpul dalam penerbitan ini, kembali mencerminkan keresahannya karena “gagasan-gagasan tentang hukum, lembaga hukum dan keadilan”, yang dihayatinya pada waktu beliau mendalami ilmu hukum, tidak tercermin dalam era reformasi hukum ini.

Dalam banyak tulisan yang terkumpul ini beliau seolah-olah bertanya tentang masa lalu, masa di mana idealisme atau cita-cita tentang kesempurnaan hukum diajarkan oleh guru-guru kita di fakultas hukum, tetapi dipertanyakan dalam masa sekarang melalui kenyataan-kenyataan yang sangat bertentangan dengan cita-cita tersebut.

Semoga tulisan-tulisan ini juga dibaca oleh mereka yang menjadi sumber dari keresahan tersebut. Semoga pula, untuk masa yang akan datang keresahan ini dapat diperkecil.

Jakarta, 6 Juni 2007

Prof. H. Mardjono Reksodiputro, S.H., MA.

Sambutan dimuat dalam Buku "J.E. Sahetapy, ..... yang memberi teladan dan menjaga nurani hukum & Politik" yang diluncurkan pada Rabu, 6 Juni 2007 bertepatan dengan Ulang Tahun ke 75 Prof., Dr.,Jacob Elfinus Sahetapy, SH, MA.

No comments: